Tencent Dikabarkan Bersiap Membeli MOONTON, Mengubah Perjalanan Mobile Legends!

January 10, 2024

mikefricilone.com – Kabar mengejutkan datang dari industri game saat perusahaan di balik TikTok, ByteDance, mengungkapkan bahwa mereka tengah dalam pembicaraan serius dengan beberapa calon pembeli terkait penjualan aset game mereka. Dan salah satu calon pembeli yang menarik perhatian adalah raksasa game dunia, Tencent. Namun, hingga saat ini, belum ada kesepakatan resmi yang tercapai, demikian dilaporkan juru bicara ByteDance.

Dalam proses negosiasi ini, fokus jatuh pada judul-judul game populer seperti “Crystal of Atland” dan “Earth: Revival,” yang diterbitkan oleh unit game ByteDance, Nuverse. Kabar ini diungkapkan oleh laporan media lokal, LatePost.

Namun, Tencent sendiri masih enggan memberikan konfirmasi mengenai pembicaraan dengan ByteDance. Pada bulan November, ByteDance telah mengumumkan rencananya untuk melakukan perubahan besar pada Nuverse dan secara bertahap mengurangi keterlibatannya dalam bisnis game, dengan fokus kembali pada bisnis inti perusahaan.

Keputusan ini diambil setelah lima tahun ByteDance terlibat dalam pasar game global yang bernilai hingga $185 miliar. Sebagai bagian dari restrukturisasi ini, ByteDance telah menghentikan pengembangan game yang belum dirilis dan berencana untuk melepas beberapa judul game yang telah diluncurkan.

Selain itu, ByteDance juga sedang aktif mencari pembeli untuk unit game lainnya, yaitu Moonton, yang diakuisisi pada tahun 2021. Meskipun ada sejarah persaingan antara ByteDance dan Tencent di masa lalu, hubungan antara keduanya dalam sektor game dikabarkan sudah membaik.

Bukti dari hal ini adalah penggunaan jaringan periklanan ByteDance yang intensif oleh Tencent untuk mempromosikan game terbarunya, “DreamStar.” Langkah ini tentu membuat banyak orang penasaran tentang arah bisnis game ByteDance dan nasib dari game-gamenya.

Penjualan ini juga berdampak pada game yang saat ini dimiliki oleh ByteDance. Perhatian khusus diberikan pada salah satu game mobile yang saat ini menjadi salah satu game dengan jumlah pemain terbanyak di dunia, yaitu Mobile Legends.

Dengan penjualan ini, Mobile Legends akan sepenuhnya menjadi milik Tencent, dan hal ini pastinya akan mengubah dinamika yang ada di balik Mobile Legends secara keseluruhan. Publik pun menjadi penasaran, apa yang akan terjadi selanjutnya?

Penjualan aset game memang jarang terjadi dalam dunia game. Biasanya, kita lebih sering melihat kerja sama dan akuisisi, sementara penjualan dianggap sebagai langkah yang terlalu “pasrah” dan membuat komunitas game yang dijual merasa kebingungan dan khawatir tentang masa depan yang tidak pasti.