Malaysia Dipastikan Tuan Rumah MLBB World Championship ke-6

December 19, 2023

mikefricilone.com – Malaysia telah resmi ditetapkan sebagai tuan rumah untuk ajang MLBB World Championship ke-6, atau yang dikenal sebagai M6. Pengumuman ini dilakukan dalam upacara pembukaan M5 yang baru saja berlangsung di Filipina pada tanggal 17 Desember lalu. Faktor-faktor seperti kesiapan infrastruktur, keamanan, dan kenyamanan menjadi alasan utama mengapa Malaysia kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah acara besar MLBB.

Selain itu, Malaysia juga berperan penting dalam proses wildcard M5. Format ini menjadi kali pertama diterapkan dalam seri M, di mana tim-tim yang berhak akan berkumpul di Filipina. Seharusnya menjadi keuntungan bagi tim-tim perwakilan Malaysia, namun prestasi mereka dalam beberapa event MLBB besar cenderung menurun. Pada M5, tidak ada tim Malaysia yang berhasil melaju dari tahap grup. Tim terkenal seperti Todak, yang selalu menjadi andalan Malaysia dalam seri M, juga kali ini harus absen.

Dalam menghadapi situasi ini, persiapan Malaysia dan MPL setempat menjadi kunci penting untuk memastikan bahwa Malaysia tidak hanya menjadi tuan rumah, tetapi juga memiliki tim yang mampu memberikan harapan kepada pendukungnya.

“Kini, tanggung jawab ada di tangan kita untuk mempersiapkan tim yang mampu tampil lebih baik. Kementerian Olahraga kami siap membantu para pemain dan tim profesional dengan program-program pemerintah yang dirancang untuk memastikan mereka mampu memberikan yang terbaik,” ujar YB Adam Adli, Deputi Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia.

Fikri Rizal Mahruddin, Kepala Pemasaran Esports dan Pengembangan Bisnis Moonton Malaysia, juga menambahkan bahwa program-program yang akan difokuskan adalah untuk meningkatkan peluang dan level kompetitif tim-tim di Malaysia.

“Dalam persiapan tahun depan, kami akan mempertimbangkan dua hal, yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Secara jangka pendek, kami akan bekerja sama dengan semua tim untuk memastikan mereka siap menghadapi M6. Sedangkan dalam jangka panjang, kami akan berfokus pada pembangunan ekosistem esports yang kuat. Salah satu langkahnya adalah memastikan bahwa kami memiliki talenta-talenta baru yang memadai untuk bersaing dengan pemain-pemain top yang ada. Ini adalah beberapa fokus kami dalam meningkatkan level kompetisi pemain dan tim di Malaysia, serta melahirkan lebih banyak pemain muda agar ekosistem esports kami menjadi lebih berkelanjutan,” tuturnya.

Prestasi terbaik tim Malaysia dalam seri M adalah saat mereka berhasil meraih posisi teratas tiga pada ajang M1 yang digelar di Malaysia. Pada saat itu, tim Indonesia, yaitu EVOS, juga keluar sebagai juara. Pertanyaannya sekarang, mampukah pemerintah Malaysia bergerak cepat untuk memperbaiki performa tim-tim Malaysia dalam kompetisi tingkat dunia?

Dengan upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan MPL setempat, Malaysia berharap dapat menatap masa depan esports dengan harapan baru, di mana tim-tim mereka mampu bersaing dan mengharumkan nama negara dalam ajang M6 yang akan datang.